UPT PPLK

img_6343

UPT PPLK


VISI, MISI dan TUJUAN


VISI :

Pada tahun 2022 menjadikan STKIP Sebelas April Sumedang sebagi perguruan tinggi yang handal dan terdepan di Jawa Barat dalam menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten, inovatif, dan profesional untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

MISI :

Menyelenggarakan program pengalaman lapanan pendidikan yang menagnut prinsip simbiosis mutalisma dan berorientasi pada dinamika dan kebutuhan stakeholder yang semakin maju dalam suasana kekeluargaan yang dilandasi oleh semangat dan ketulusan untuk membangunan bangsa dan negara.

TUJUAN :

Membentuk tenaga pendidik yang kompeten, inovatif, dan profesional, berwawasan luas, serta peduli terhadap pendidikan dan segala permasalahannya, memiliki penguasaan yang mendalam dalam bidang ilmu yang menjadi keahliannya, mampu mengelola dan meningkatkan pelaksanaan fungsi profesionalnya, terampil, dan mampu mengamalkan ilmu yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

STRUKTUR ORGANIGRAM :

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI UPT PPLKSTKIP SEBALAS APRIL SUMENG :

A.      Tugas Pokok

  1. Menyiapkan laboratorium microteaching untuk kegiatan pra-PPLK.
  2. Menjaga, merawat, dan memfungsikan laboratorium microteaching dengan sebaik-baiknya.
  3. Menyusun dan mengatur jadwal kegiatan pra-PPLK di laboratorium microteaching.
  4. Melakukan observasi terhadap sekolah/madrasah mitra.
  5. Menentukan dosen pembimbing lapangan (DPL) berdasarkan rekomendasi Kaprodi masing-masing.
  6. Menyusun dan mengatur jadwal kegiatan PPLK di sekolah/madrasah mitra.
  7. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan PPLK.
  8. Menjalin kemitraan dengan sekolah/madrasah mitra sebagai tempat pelaksanaan PPLK.
  9. Menyiapkan blangko, bahan-bahan, dan peralatan yang diperlukan mahasiswa PPLK.
  10. Memasukkan nilai peserta PPLK ke dalam buku induk hasil kegiatan PPLK.
  11. Menyusun dan mengirim laporan kegiatan PPLK kepada Ketua STKIP Sebelas April Sumedng melalui PK I.

B.      Fungsi

  1. Membantu dosen pembimbing lapangan (DPL) pra-PPLK dalam melaksanakan kegiatan microteaching.
  2. Merencanakan dan mengatur pelaksanaan PPLK.
  3. Mengevaluasi pelaksanaan PPLK.
  4. Mengembangkan kualitas pelaksanaan PPLK.

Program Kerja


SAMBUTAN KETUA UPT PPLK

STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG

 

Assalamu alaikum Wr. Wb.,

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT atas kekuatan, kemudahan, dan keberkahan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat melaunchingwebsite resmi Unit Pelaksana Teknis Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (UPT-PPLK) STKIP Sebelas April Sumedang ini. Website ini disusun dengan tujuan sebagai wadah untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan, serta untuk mewujudkan visi dan misi UPT-PPLK.

            Upaya peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu keniscayaan, sebab pendidikan harus mampu mengimbangi tuntutan perkembangan dinamika kehidupan, serta mampu  mencetak  manusia sesuai dengan tuntutan zamannya. STKIP Sebelas April Sumedang sebagai lembaga produsen pendidik dengan karakterisrtik dan potensi yang dimilikinya, terus melakukan inovasi guna menyelaraskan diri dengan tantangan perubahan dan tantangan global. Sumber daya manusia yang dimiliki merupakan potensi paling berharga untuk memberikan energi dalam mengikuti dinamika yang terjadi. Disiplin keilmuan dan kompetensi yang dimiliki oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berpengalaman dalam bidangnya, memberikan harapan optimis untuk membangun STKIP Sebelas April Sumedang sebagai lembaga pendidikan berkualitas sesuai visi, misi, dan tujuan institusi.

Besarnya potensi yang dimiliki STKIP Sebelas April Sumedang tidak akan berdaya guna jika tidak dimaksimalkan. Oleh karena itu potensi kekuatan dan peluang yang ada harus disinergikan dan diseragamkan dalam segala hal, sehingga mengusung visi, misi, dan tujuan yang sama dalam mencetak pendidik.

Guru atau pendidik memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Menjadi seorang guru yang profesional tidak semudah membalikan telapak tangan dan tidak pula diperoleh dari proses yang singkat dan cepat. Sudah menjadi tugas seorang calon guru untuk mempersiapkan diri, mengukur kemampuan diri sebelum terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk mengetahui realitas dunia pendidikan yang sesungguhnya serta menjalin kemitraan dengan sekolah/madrasah yang melibatkan semua unsur dari kedua belah pihak, khususnya sekolah/madrasah tingkat pendidikan usia dini, tingkat dasar, dan menengah. STKIP Sebelas April Sumedang berusaha memfasilitasi tersedianya tenaga pendidik yang profesional.

Berangkat dari keinginan tersebut perlu dirumuskan suatu pedoman sebagai pegangan dan pengendali kegiatan Program Pengalaman Lapangan Kependidiakan (PPLK) yang berupa website UPT PPLK STKIP Sebela April Sumedang.

 Terakhir, UPT-PPLK STKIP Sebelas April Sumedang meminta kepada semua pihak, khususnya Pimpinan Program Studi, untuk bersinergi secara masif dan simultan sehingga kegiatan PPLK terselenggara dengan baik, sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dalam pembuatan website ini. Semoga Allah Subhanahuwata’ala meridloi segala upaya kita. Amin.

Share