Prodi PGSD

img_6351

PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)


VISI, MISI DAN TUJUAN


V i s i
Pada Tahun  2022 dihasilkan  sarjana pendidikan matematika yang kompeten, kreatif, inovatif, dan profesional.

 M i s i
A. Menyelenggarakan pendidikan pengajaran  matematika yang kreatif, inovatif, dan profesional.
B. Menyelenggarakan penelitian atau kegiatan yang berkaitan dengan bidang ilmu matematika.
C. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang merupakan pengimplementasian ilmu matematika kepada masyarakat (stakeholder).
D. Berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh stakeholder  dan user.

T u j u a n
A. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas pendidikan dan pembelajaran Matematika secara kreatif, inovatif, dan profesional.
B. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian yang berkaitan dengan bidang ilmu matematika.
C. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan kegiatan-kegiatan di masyarakat sebagai pengimplementasian ilmu matematika dalam menghadapi tantangan pada era globalisasi.
D. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola program-program yang berhubungan dengan keilmuannya sesuai dengan tuntutan stakeholder dan user.

Kompetensi


Mampu menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.

Melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di sekolah dasar.

Melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi–disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.

Melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi–disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional.

Melakukan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku pembelajaran di sekolah dasar.

Mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.

Mampu mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Memiliki karakter kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

Mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

Share