Prodi PGPAUD

img_6356

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil ketua Prodi PG PAUD

Nama; Aas Hasanah, MPd.

Lahir di Sumedang, 8 Agustus 1978.

Pendidikan; Menyelesaikan studi SI pada Program Studi PG PAUD STKIP II April Sumedang pada tahun 2013. Selanjutnya studi  S2 pada Program Studi PAUD UPI Bandung tahun 2015.

Selain sebagai dosen tetap di STKIP II April Sumedang, juga sebagai kepala sekolah Kober Harapan Bunda Kecamatan sumedang selatan Kab.Sumedang. Serta sebagai ketua HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga kependidikan Anak Usia Dini) kecamatan Sumedang selatan.

Aktifitas;  Mengajar, pelatih diklat guru-guru PAUD Tk.  Kabupaten dan sebagai narasumber dalam pelatihan guru-guru PAUD .

Moto “ Jadikanlah Hidup Ini bermanfaat bagi orang lain”


Sambutan Ketua Prodi

Assalamu’alaikumWr.wb

Puji serta syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat  Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) yang telah hadir di  STKIP II April Sumedang.  Keberadaan prodi ini berupaya untuk mempermudah informasi terkait dengan pendidikan anak usia dini baik menyangkut profil program studi, mata kuliah, tenaga pengajar, data mahasiswa, kegiatan mahasiswa, penelitian dan PKM yang di selenggarakan oleh program studi.

Mahasiswa program PG PAUD terus di tuntut untuk menempatkan ilmu pengetahuannya seiring perkembangan zaman, tuntutan ini mengacu kepada proses peningkatan kualitas yang bermutu, daya saing yang ketat, dan meningkatkan prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.

Semoga dengan adanya prodi PAUD ini dapat meningkatkan kualitas guru  dan pendidikan anak usia dini.

Aas Hasanah, M.Pd.


VISI

Padatahun 2017, PG PAUD STKIP Sebelas April Sumedang mampu menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter dan memiliki pengetahuan, kemampuan, sertasikap professional sebagai tenaga pendidik anak usia dini yang kreatif, inovatif dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada masyarakat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan bidang keimanan dan ketaqwaan serta ilmu pengetahuan dan
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan berbagai kompetensi yang diperlukan untuk mendidik anak usia
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidangpendidikan anak usia
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong pengembangan potensi masyarakat khususnya di bidang pendidikan anak usia
  5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di lingkungan kampus maupun di luar kampus yang merupakan implementasi dari keilmuan program studi baik kompetensi utama atau kompetensi pendukung kepada
  6. Berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh stake holder dan

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bertaqwa kepada Tuhan TME dan karakter sebagai
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan anak usia dini
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pendidikan anak usia dini
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menggali potensi masyarakat khususnya dibidang pendidikan anak usia dini
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan kompetensi lain selain sebagai guru pendidikan anak usia dini, di antaranya sebagai konsultan pendidikan yang dapat memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini dalam bentuk informasi dan edukasi, membuka dan mengelola pendidikan anak usia dini baik formal maupun non formal serta kemampuan wirausaha
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh stake holder dan user.

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini harus menguasai konsep dasar PAUD, memahami berbagai karakteristik peserta didik, menguasai kurikulum PAUD, menguasai proses pendidikan dan pembelajaran bidang pengembangan perilaku dan bidang pengembangan kemampuan dasar serta cara-cara penerapannya dalam pelaksanaan dan pengembangan proses pembelajaran PAUD baik formal, non formal ataupun informal dalam memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang Pendidikan Anakusia Dini, serta trampil menerapkan dalam pengabdian kepada masyarakat.


Share