PENGALAMAN DONY TAMARA DAN IYAN HERYANA DI SINGAPORE SETELAH IKUTI SEMINAR DI BATAM

Dony Tamara dan rekanya Iyan Heryana merupakan sahabat satu angkatan di Program Studi PTM (Pendidikan Teknik Mesin) STKIP Sebelas April Sumedang. Mereka masih tercatat sebagai mahasiswa aktif dan memiliki cukup banyak prestasi. Kemauanya yang keras dan motivasi yang tinggi membuat mereka haus akan ilmu pengetahuan. Terbukti dengan keikutsertaanya dalam berbagai seminar dan juga saat ini sedang mengikuti presentasi PHBD tahap III (Program Hibah Bina Desa) Dikti di Kementerian Ristek.

Cerita berawal dari keikutsertaanya dalam suatu seminar nasional yang diselenggarakan oleh BATAN di POLTEK BATAM selama 6 hari, selama itu mereka mencari ilmu dan menyerap semua informasi yang sangat berharga dari kegiatan seminar yang dilakukan. Untuk menghilangkan kejenuhan mereka sudah berencana untuk berlibur di negara tetangga yaitu Singapura, Karena jarak antara Batam dan Singapura sangatlah dekat dan dapat dijangkau dengan kapal feri. Awalnya mereka takut dengangan dokumen-dokumen keimigrasian, Karena untuk pertama kali. Dikhawatirkan ada dokumen-dokumen yang kurang lengkap sehingga menghambat pemeriksaan di kantor keimigrasian. Akan tetapi dengan semangat dan kemauan yang tinggi untuk menyebrang, dapat izin untuk pergi ke Singapore melalui kapal feri. Sebelumnya memang sudah dipersiapkan segala hal termasuk pembuatan passport sejak satu bulan sebelum keberangkatan.

“saya sangat senang mendapat pengalaman selama 24 jam di Singapura berphoto di depan Patung Merlion di Merlion Park Singapore, negara kecil yang sangat maju yang memang dari segi tata kota dan kebersihan jauh lebih tertata dengan baik, hanya susahnya dalam mencari tempat shola saja, tetapi untuk keindahan alam Indonesia juga masih terlalu indah untuk dibandingkan, kita jalan-jalan juga di Jembatan Barelang, tak kalah seru juga pertamakali naik pesawat Citilink, sedikit takut, ungkapnya”. Pengalaman ini menjadi satu motivasi berharga bagi hidup saya,  dengan kemauan dan keberanian yang tinggi bias mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *