PERMAINAN JARING IKAN

STKIP-Pagi ini tim redaksi melihat sebuah permainan yang cukup tradisional yang dimainkan oleh anak-anak mahasiswa program studi PGSD smt 6 dalam mata kuliah Pendidikan Pramuka. permainan ini bernama “Permainan Jaring Ikan”. Permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak kecil dan juga sering diperlombakan.

Panji Maulana, M.Pd, selaku dosen PGSD yang mengampu mata kuliah Pendidikan Pramuka memaparkan manfaat dan juga sedikit menguraikan tentang cara bermain permainan ini. Berikut ulasanya:

  1. Peserta harus membuat lingkaran besar
  2. Selanjutnya sambil menyanyikan lagu “disini senang disana senang” dengan benda yang di estafetkan (benda bisa berupa stik/bolpoin dll)
  3. Peserta yang menjadi jaring adalah peserta yang pada saat menyanyikan lirik lagu terakhir mendapatkan stik yang diestafetkan
  4. Seluruh peserta semuanya menjadi ikan dan harus ditangkap dengan cara di peluk oleh jaring tersebut
  5. Selanjutnya jaring tersebut akan semakin membesar dengan ditangkapnya ikan-ikan oleh jaring sampai habis semua ikan yang ditangkap
  6. Permainan ini seperti gampang padahal cukup sulit, karena membutuhkan konsentrasi tinggi, kekompakan dan satu visi dalam menangkap ikannya sehingga jaringnya tidak terputus dan bercerai berai.

Panji Maulana juga memaparkan bahwa dalam permainan ini terdapat unsur kecepatan, kecakapan, kekompakan dalam bertindak, melatih kerjasama yang baik dan disamping itu melatih tanggung jawab untuk mempertahankan kelompoknya. Selain itu dapat membentuk kekuatan dari para peserta karena dapat melatih kekuatan otot kaki. Sangat menyehatkan.

Semoga permainan ini dapat dikembangkan sekaligus memperkaya jenis-jenis permainan tradisional di indonesia yang sangat kaya.

Selamat bermain.

Red Ka UPT Laboratorium

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *