Prodi Pendidikan Matematika (Penmat) adakan Seminar Nasional 2018

INFORMASI LEBIH LANJUT

KUNJUNGI WEBSITE RESMI SEMNAS https://semnas.stkip11april.ac.id/ 

Memasuki abad 21 pendidikan menjadi sarana penting untuk menjamin anak bangsa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills). Mengingat pentingnya peran pendidikan terhadap kualitas anak bangsa, perbaikan dalam sistem pendidikan terus dilakukan. Sistem pendidikan ini tertuang secara terperinci dalam sebuah kurikulum. Definisi kurikulum yang ditetapkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 ayat 19 yaitu: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.

Kurikulum  di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan. Hal ini tentu saja terjadi karena tuntutan akan kualitas sumber daya manusia yang meningkat pula. Adapun kurikulum yang mulai diaplikasikan saat ini adalah kurikulum 2013 revisi tahun 2017 yang didalamnya terdapat empat unsur yang harus di integrasikan dalam proses pembelajaran, yaitu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi, keterampilan abad 21 atau “4C” (CreativeCritical ThinkingCommunicative, danCollaborative), dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Pengintegrasian HOTS dalam pembelajaran ditujukan agar proses pembelajaran berlangsung dengan menekankan pelatihan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Hal ini menandakan bahwa proses pembelajaran tidak hanya ditujukan untuk melatih kemampuan dasar peserta didik namun berlanjut menuju kemampuan tingkat tinggi. Selain itu, Kurikulum 2013 juga menekankan materi pembelajaran hingga ke tingkat metakognitif sehingga peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dalam memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan hal tersebut, ranah kognitif dalam HOTS meliputi analisis (C4), evaluasi (C5), dan kreasi (C6). Pada level analisis, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berpikir dalam menspesifikasikan aspek-aspek/elemen dari suatu konteks tertentu. Sementara pada level evaluasi, peserta didik dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi. Sedangkan pada level kreasi, meliputi kemampuan peserta didik dalam membangun gagasan/ide-ide melalui proses merumuskan (membuat hipotesis), merencanakan (mendesain), dan memproduksi (mengkonstruksi).

Permasalahan terbaru terkait HOTS dalam pembelajaran matematika terjadi ketika penyelenggaraan UNBK pada tahun 2017 menerapkan pola ujian HOTS. Dalam hal ini, masih banyak peserta didik yang mengeluhkan soal-soal yang diberikan terlalu sulit dan dipandang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan di kelas sehari-hari. Selain itu, soal-soal UN juga ada yang tidak sesuai dengan kisi-kisi dan soal uji coba (try out), serta masih adanya prinsip kontekstual dalam soal-soal UN yang belum sesuai dengan kehidupan nyata masyarakat Indonesia.

Berdasarkan permasalahan di atas, terlihat bahwa penyelarasan antara proses pembelajaran dan penilaian yang mengacu kepada standar nasional pendidikan dapat dimaksimalkan dengan mempertinggi penguasaan guru maupun calon guru matematika terkait proses pembelajaran HOTS dan perancangan instrument untuk mengukur HOTS. Penguasaan yang baik tentang pembelajaran yang dapat menumbuhkan HOTS dan menyusun instrument untuk mengukur HOTS tentunya akan membuat siswa lebih siap ketika menghadapi soal-soal UN yang berpola HOTS.  Oleh karena itu, kami tergerak untuk mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika sekaligus Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian High-Order Thinking Skills (HOTS), agar para guru dan calon guru menjadi pendidik yang profesional.

INFORMASI LEBIH LANJUT

KUNJUNGI WEBSITE RESMI SEMNAS https://semnas.stkip11april.ac.id/ 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *