Pelepasan KKM 2018/2019

Ketua STKIP Sebelas April Sumedang, Dr. Kuswara, M.Pd, didampingi Wakil Ketua YPSA Sumedang, Bapak Idris, Drs, serta Kepala UPT PPM STKIP Sebelas April Sumedang, Dr. Arip Rahman Sudrajat, S.Sos., M.Si dan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melepas para peserta KKM 2019 hari ini (6-2-2019) di lapangan STKIP Sebelas April Sumedang. sebanyak 385 mahasiswa yang terdiri dari: (1) Prodi PBI 23 mahasiswa (2) Prodi Penmat 32 mahasiswa (3) Prodi Penjas 74 mahasiswa (3) Prodi PG PAUD 43 mahasiswa (4) Prodi PGSD 177 mahasiswa (5) Prodi PVTM 36 mahasiswa. Mahasiswa KKM 2019 ini akan ditempatkan di lokasi desa di wilayah Kabupaten Sumedang, yakni Kecamatan Cisitu sebanyak 10 desa, Kecamatan Ganeas sebanyak 8 desa, Kecamatan Sumedang Selatan sebanyak 10 desa dan 4 kelurahan.

Dr. Kuswara, M.Pd berpesan kepada seluruh peserta KKM untuk dapat menjaga nama baik STKIP Sebelas April Sumedang dan senantiasa dapat memanfaatkan waktu yang singkat untuk belajar bagaimana bermasyarakat, karena ilmu kemasyarakatan itu hanya dapat diperoleh jika kita terjun langsung ke masyarakat itu sendiri. Mahasiswa sebagai insan akademik akan dinilai secara langsung sebagai masyarakat yang intelek, oleh karena itu sikap dan perilaku di masyarakat harus mencerminkan nilai-nilai akademik, santun, visioner dan berwawasan luas. Tahun ini merupakan tahun politik, kita sebagai warga akademik harus menjaga netralitas dan tetap pada program akademik yang dibuat masing-masing kelompok, tidak boleh terpengaruh oleh keadaan politik di tempat masing-masing. Mengabdilah di tengah-tengah masyarakat karena jika kita lulus nanti kita juga akan kembali kepada masyarakat, jagalah kesehatan, jagalah persaudaraan, kekeluargaan, kekompakan diantara satu kelompok, ungkapnya.

Penyerahan KKM 2019 dilakukan ke tiga kecamatan yaitu kecamatan Cisitu, Kecamatan Ganeas dan Kecamatan Sumedang Selatan. Dan selanjutnya diserahkan ke desa masing-masing oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Pelaksanaan KKM akan berakhir tanggal 13 Maret 2019.

Selamat melaksanakan KKM, dan semogaga sukses.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *