PANGLAWUNGAN BUDAYA SUNDA BANGKITKAN RASA KASUNDAAN

STKIP-Program Studi Pendidikan Matematika (PENMAT) STKIP Sebelas April Sumedang hari ini 18 Mei 2017 mengadakan acara bertemakan “Panglawungan Budaya Sunda” bertempat di Aula Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang. Acara ini merupakan bagian dari apresiasi Mata Kuliah Budaya Sunda untuk mahasiswa semester 2 yang diampu oleh Bapak Nicko Asmara selaku dosen mata kuliah Budaya Suda.

Dalam acara tersebut hadir pula jajaran pimpinan STKIP Sebelas April Sumedang yakni Ketua STKIP Sebelas April Sumedang (Dr. Kuswara, M.Pd), Pembantu Ketua II (Agus Jaenudin, M.Pd), Pembantu Ketua III (Dr. Asep Saepurokhman, M.Pd) beserta beberapa dosen STKIP Sebelas April Sumedang dan acara ini langsung dibuka oleh ketua STKIP Sebelas April Sumedang.

Dalam kesempatannya memberikan pidato pengarahan, Dr. Kuswara, M.Pd menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, sudah selayaknya sebagai orang sunda untuk selalu melestarikan nilai-nilai luhur budaya sunda itu sendiri, pemikiran bolehlah jauh kedepan, ilmu pengetahuan yang didapat bolehlah sampai ke negeri orang, akan tetapi hati dan perasaan tetaplah orang suda dengan nilai-nilai luhurnya, sehingga acara “Panglawungan Budaya Sunda” ini patut dilestarikan sebagai suatu pengingat akan jati diri orang sunda.

Sementara itu Nicko Asmara dalam pidatonya mengatakan, budaya sunda telah lahir jauh sebelum budaya-budaya lainya ada, dalam nama-nama hari misalnya, orang sunda telah mengenal nama-nama hari sejak jaman dahulu, Radite/dite (yang artinya panonpoe/matahari) adalah hari minggu, Soma (yang artinya bulan) adalah hari senin, Anggara (yang artinya planet mars) adalah hari selasa, Buda (yang artinya Planet Merkurius) adalah hari rabu, Respati/wrehaspati (yang artinya planet Jupiter) adalah hari kamis, Sukra (yang artinya planet venus) adalah hari jum;at dan Tumpek (yang artinya planet saturnus) adalah hari sabtu. Akan tetapi kebudayaan yang telah lama ada adalah paling sering kita lupakan, Ungkapnya!.

Dalam acara ini para peserta (mahasiswa) memakai pakaian adat sunda dengan berbagai macam pengganan (lalawuh) yang beraneka ragam menambah sempurna suasana kasundaan.

 

Budaya Sunda dan nilai-nilai luhurnya adalah budaya STKIP Sebelas April Sumedang yang akan terus dilestarikan.

 

Red. Ka UPT Lab 2017

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website