MAPALA BALWANAPAKSI LAKSANAKAN MABIM DI HUTAN KAREUMBI

HUTAN KAREUMBI-Mapala Balwana Paksi STKIP Sebelas April Sumedang telah melaksanakan kegiatan yang dinamakan MABIM (Masa Bimbingan) dengan nama Mabim Gunung Hutan selama 25-28 Maret 2017 lalu. Para peserta dari berbagai program studi yang merupakan anggota pencinta alam Mapala Balwana Paksi dengan sangat serius memanfaatkan masa bimbingan ini dengan cara menerima berbagai materi kepencintaalaman dari instruktur masing-masing.

Pembina Mapala Balwana Paksi, Rony Hidayat, M.Pd (salah seorang calon doktor yang sangat peduli dengan lingkungan/pencinta alam) mengatakan bahwa Mabim Mapala Balwana Paksi adalah masa dimana anggota muda melaksanakan pendalaman berbagai materi yang mencakup kepencintaalaman. Selesainya Mabim ini berarti selesainya pula status anggota muda, dan akan berganti dengan status anggota tetap. Para peserta sangat antusias dan semangat terutama saat mereka berada dan bersatu dengan hutan alam sekitar, alam yang merupakan ciptaan mahakarya Tuhan Yang Maha Esa perlu dijaga, dihormati dan dilestarikan keberadaannya. Saya sangat senang masih ada mahasiswa yang sangat peduli dengan alam dan begitu peduli dengan kelangsungan alam itu sendiri, Ungkapnya.

Mabim Mapala Balwana Paksi dilaksanakan dalam beberapa tahapan dengan berbagai pendalaman materi, salah satunya adalah Mabim Gunung Hutan yang dilaksanakan mulai tanggal 25-28 Maret 2017 yang kebetulan sebagai lokasi yang ditetapkan bertempat di kawasan hutan Kareumbi. Materi yang didalami yakni tekni bivak, teknik survival hutan (air, botani, zoology), survival sungai, teknik trap darat dan air, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), dan navigasi. Tujuan utama dari pelaksanaan Mabim ini adalah membekali anggota dengan berbagai pengalaman tentang dunia kepencintaalaman agar anggota siap dalam berbagai hal, terutama dalam menghadapi berbagai kemungkinan ketika berkegiatan di alam bebas.

Bagi para mahasiswa yang ingin bergabung dengan UKM Mapala Balwana Paksi dapat langsung mendatangi sekretariat Mapala Balwana Paksi di STKIP Sebelas April Sumedang.

Mari Kita Jaga dan Lestarikan Alam Ini.

Red. Ka UPT Laboratorium

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website