LISES GELAR “PURWADAKSI ART FESIVAL” UNTUK KENALKAN PADA DUNIA INTERNASIONAL

LISES STKIP Sebelas April Sumedang kembali menorehkan sejarah baru di dunia seni festival dengan menyelenggarakan pergelaran berjudul “Purwadaksi Art Festival’ yang diselenggarakan di kampus STKIP Sebelas April Sumedang. Filosofi dari kegiatan festival ini adalah mengingatkan kita (generasi muda) pada budaya masa lalu di tatar sunda yang sudah sangat terkikis dengan budaya jaman (kembali ke purwadaksi). Dalam festival ini dibagi menjadi 3 jenis perlombaan yaitu : 1. Kaulinan budak baheula (yang didalamnya menampilkan jenis-jenis permainan tradisional di masa lalu), 2. Pagelaran music etnik (yang didalamnya menampilkan kelompok-kelompok music perpaduan antara modern dan tradisi) dan 3.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua STKIP Sebelas April Sumedang, Dr. Kuswara, M.Pd., dengan ditandai dengan upacara pemukulan kendang sebagai pertanda dimulainya festival ini. Dr. Kuswara, M.Pd., sangat antusias dan memberi apresiasi pada kegiatan ini, dan diharapkan akan para generasi muda memang dapat kembali ke “purwadaksi” sebagai identitas bangsa ini, serta diharapkan kedepan para peserta yang tampil ini akan jadi pionir pada festival mendatang di STKIP Sebelas April Sumedang.

Asep Ganjar Wiresna, M.Sn., selaku Pembina LISES STKIP Sebelas April Sumedang yang juga penggagas dan director acara festival ini memiliki keyakinan kedepan acara “Purwadaksi Art Festival” akan menjadi identitas LISES sebagai acara tetap dan diakui dunia sebagai acara budaya tahunan yang dapat mendatangkan peserta-peserta dari manca negara, ini menjadi landasan kuat bagi LISES untuk lebih mengoptimalkan bahkan merevisi kekurangan-kekurangan yang ada agar lebih sempurna lagi, ungkapnya!. LISES STKIP Sebelas April Sumedang sudah dikenal hingga manca negara dengan keikutsertaanya dalam berbagai festival tingkat dunia, yang diperlukan hanyalah menguatkan identitas LISES STKIP Sebelas April Sumedang sendiri yang harus mencoba membuat konsep dalam melaksanakan kegiatan serupa, oleh Karena itu acara “Purwadaksi Art Festival” menjadi langkah awal yang penting untuk lebih mengenalkan LISES di dunia internasional.

Red. Ka UPT Lab

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *