KKM 2019/2020 Sudah Dimulai

Ketua STKIP Sebelas April Sumedang, H. Agus Jaenudin, S.Si., M.Pd., beserta para pimpinan lainya ikut serta dalam rangkaian acara serah terima mahasiswa peserta KKM di tiga kecamatan yakni Kecamatan Tanjungkerta, Kecamatan Jatinunggal dan Kecamatan Pamulihan. Kegiatan diawali dari upacara pelepasan peserta KKM di lapangan YPSA Sumedang dan turut pula dihadiri dari pihak Yayasan Sebelas April Sumedang. Setelah upacara selesai, para peserta diberangkatkan ke tiga lokasi yang berbeda disertai pengawalan voorijder dari kepolisian sumedang. Di lokasi kecamatan, para peserta diterima oleh pihak kecamatan dan sekaligus penyerahan peserta kepada pihak kecamatan masing-masing dan selanjutnya penyerahan di tiap-tiap desa setempat.

Kegiatan KKM tahun ini akan dilaksanakan selama 40 hari mulai tanggal 20 Januari 2020 s.d. 27 Februari 2020 dengan peserta sebanyak 428 mahasiswa di setiap program studi di STKIP Sebelas April Sumedang. Para peserta terdiri dari Prodi PBI (32 orang), Prodi Penmat (31 orang), Prodi Penjas (65 0rang), Prodi PG PAUD (84 orang), Prodi PGSD (184 orang) dan Prodi PVTM (34 orng). Lokasi tempat KKM terdiri dari Kecamatan Tanjungkerta (12 Desa), Kecamatan Pamulihan (11 Desa) dan Kecamatan Jatinunggal (8 Desa). Para mahasiswa kelompok KKM dibimbing/dibina oleh 31 orang DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).

Tema KKM tahun ini adalah “Pembangunan Sumber Daya Manusia Pedesaan yang Unggul dan Literal dalam Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia”. tema ini sejalan dengan program pemerintah dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah memberikan kesempatan bagi desa-desa untuk lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Kementerian Riset, Teknologi bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berupaya mewujudkan hal tersebut dengan mengembangkan program “Desa Inovasi” di berbagai daerah di indonesia. oleh karena itu peningkatan SDM masyarakat selalu berpangkal tolak pada peningkatan kualitas masyarakat. rendahnya mutu pendidikan masyarakat merupakan titik awal permasalahan dalam proses pembangunan wilayah tersebut. Oleh karena itu peran serta mahasiswa peserta KKM STKIP Sebelas April Sumedang tahun 2019/2020 selain difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat di lokasi KKM, juga harus dapat membangkitkan pola pikir kreatif dan inovatif dalam membangun desa.

Foto-Foto Kegiatan Serah Terima KKM 2019/2020

 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *