GELAR BUDAYA MAHASISWA STKIP 11 APRIL SUMEDANG

STKIP–Prodi PGSD STKIP Sebelas April Sumedang kembali mengadakan Pagelaran Budaya Sunda yang bertema ‘Runtut Raut Sauyunan Singkil Sabilulungan‘ bertempat di Aula Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang. Acara tersebut merupakan apresiasi dari mata kuliah Budaya Sunda sebagai penilaian Ujian Tengah Semester (UTS), yang diselenggarakan selama satu hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00. Peserta dari kegiatan tersebut yaitu mahasiswa PGSD semester tiga yang terdiri dari empat kelas. Kegiatan ini dibuka oleh Dadang Gunadi, M.Pd., sebagai Pembantu Ketua I STKIP Sebelas April Sumedang, dan didampingi oleh Niko Asmara selaku dosen mata kuliah Budaya Sunda, H. Sutarman, M.Pd, dan Achyar Efendi, M.Pd.

Dikatakan oleh Nicko Asmara, kegiatan bermaksud untuk melestarikan Budaya Sunda. Dewasa ini, dirasakan hanya sebagian kecil orang Sunda yang mengetahuinya.“Banyak orang Sunda yang tidak tahu budayanya sendiri, dengan kegiatan Pagelaran Budaya Sunda diharapkan orang Sunda yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dengan kebudayaannya” tutur Niko Asmara. Peserta diharuskan memakai pakaian khas Sunda, kabaya bagi perempuan dan totopong bagi laki-laki serta membawa makanan khas Sunda yang cara memasaknya tidak di goreng dan peralatan khas Sunda seperti bebesek, boboko, dingkul, nyiru dan lain-lain.

Dalam pelaksanaanya peserta mengalami beberapa kendala namun mereka tetap antusias dalam kegiatan itu karena dirasa banyak manfaat yang diperoleh. “Yang menjadi kendala yaitu sulitnya mencari kebaya asli Sunda dan peralatan tradisional khas Sunda seperti bebesek, boboko, dingkul, nyiru dan alat minum dari batok kalapa karena sudah jarang yang memakai,” ujar Nining, peserta kegiatan.

Dalam kegiatan ini, disuguhkan penampilan kesenian khas Sunda dari peserta, yakni ngarumat jagad, ngalaksa, longser dan sawer. (San/Lis//gps)

*TRADISIONAL: Jajaran pimpinan sekolah tinggi mencicipi makanan tradisional dari mahasiswa.

Sumber : GPS (Gema Perss STKIP Sebelas April Sumedang)

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *